Halaman

Sabtu, 20 April 2013

cara dapat tubuh V-Shape dan melatih otot sayap layaknya bidadari :D

halo fitness mania ! :D
ketemu lagi dengan saya di entri baru. semua orang pastilah ingin memiliki tubuh yang V-Shape. ya kan ?
selain di tunjang dengan otot bahu yang menawan, tubuh akan terlihat V-Shape bila kita memiliki otot punggung dan sayap yang cantik pula.

dalam kesempatan ini saya akan memberikan contoh dari latihan-latihan otot sayap dan punggung yang biasa saya lakukan dan tentu saja dapat dilakukan kawan-kawan fitness mania ! :D

1. LAT PULL DOWN
langkah awal memulai lat pull down adalah menempatkan telapak tangan pada posisi yang nyaman pada bar, pastikan antara tangan kanan dan kiri lebarnya seimbang.
setelah posisi tangan dirasa nyaman, posisikan badan untuk duduk dan memasukkan lutut ke penyangga.
ketiga, tarik bar/lat ke arah belakang tubuh seperti gambar di atas. tak perlu sampai membentur pundak, tapi usahakan tepat di belakang leher. dan lepaskan ke atas atau posisi semula seperti gambar sebelumnya.
selain di arahkan ke belakang tubuh, bar/lat juga dapat di arahkan ke depan tubuh.

untuk gerakan lat pull down ini, mimin biasa lakukan 3 set 12 repetisi untuk peletakkan lat di depan maupun di belakang. :D

2. SEATED CABLE ROW
untuk gerakan ini, mungkin teman-teman fitness mania akan membutuhkan sedikit arahan dari trainer :D
pertama nih, posisikan dan letakkan tangan pada batang pegangan senyaman mungkin. :D
lalu, dorong tubuh sedikit ke belakang dengan kaki seperti pada gambar di atas :D
terakhir, tarik beban ke belakang SAMBIL MEMBUSUNGKAN DADA dan arahkan pegangan ke perut. terkadang pada step ke 3 ini banyak yang baru pertama mencoba dan bingung :D

3. DUMBBELL DEADLIFT
jangan mentang-mentang ada nama "dead" lalu fitness mania takut untuk melakukan. gerakan ini termasuk gerakan compound. Gerakan compound adalah gerakan yang bisa melatih banya otot dalam 1 variasi latihan. untuk gerakan yang akan saya contohkan biasa disebut "stiff-legged deadlift" gerakan ini akan melatih otot punggung, otot pantat (agar pantat lebih berisi :D), dan melatih otot hamstring/paha belakang. here are the steps !
pertama, angkat dumbbell dengan posisi berdiri rileks dan posisikan di samping tubuh. tapi ingat ! ANDA TETAP HARUS MEMBUSUNGKAN DADA !
lalu, turunkan tubuh ke arah bawah seperti gambar di atas dengan menjaga posisi kaki agar tetap lurus. setelah itu, tarik kembali tubuh ke atas seperti pada gambar pertama. dan ulangi gerakan stiff-legged deadlift ini hingga mencapai beberapa set sesuai keinginan.

selain stiff-legged deadlift, masih banyak lagi variasi gerakan deadlift yang bisa fitness mania lakukan di gym. dan tentu saja melatih tubuh teman-teman agar lebih mantap lagi ! :D

selain menggunakan dumbbell, fitness mania juga dapat menggunakan barbell jika dirasa beban dumbbell seperti yang saya gunakan di gambar (20kg) kurang berat.

4. BARBELL ROW
gerakan ini cukup simple kok, pertama posisikan barbell seperti gambar di atas :D
lalu tarik barbell ke atas dengan posisi seperti gambar di atas :D

cukup dulu yaa, artikel ini belum selesai. kebetulan mimin udah ngantuk, kapan - kapan di sambung lagi :D

catatan untuk hari ini adalah :
1. semua orang bisa dan boleh melakukan fitness, tidak peduli pria / perempuan, tua / muda, normal / cacat asalkan beban dan jadwal yang dijalani sesuai dengan kebutuhan. dan perepuan tak perlu takut untuk melatih otot - ototnya.
2. semua orang bisa jadi fitness mania, tapi JANGANlah menjadi fitness maniac. over-training itu lebih buruk dari yang anda bayangkan.
3. gunakan sabuk pengaman seperti yang saya gunakan pada gamba untuk menjaga agar daerah ginjal dan pungung tidak terbebani secara berlebihan.
4. jangan ragu untuk mengangkat beban yang bagi tubuh/otot anda berat. "PAIN, IS THE WEAKNESS OUT OF THE BODY" :)
5. jumlah lemak di tubuh akan berkurang SEIRING BERTAMBAHNYA MASSA OTOT DALAM TUBUH ANDA :) 

okee, sekian perjumpaan kali ini. semoga saya bisa memiliki waktu untuk melanjutkan artikel yang belum rampung ini :)

jangan lupa invite BBM saya atau follow @wignyaaa untuk berbagi ilmu dengan saya. sampai jumpa ! :)










7 komentar:

  1. apa bedanya barbell row dengan , barbell bent right row?
    Kalau sama tolong jangan diubah namanya. Kalau beda ya syukuri aja.

    BalasHapus
  2. kalo barbell bent row itu kita posisinya duduk bro, itu buat manjangin otot sayap sampe ke bagian bawah. sementara barbell row, kita posisi berdiri, buat mengisi (menebalkan) otot punggung bagian tengah)

    BalasHapus
  3. Bagus banget mas infonya, lumayan buat nambah wawasan latihan fitnessku
    Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mrmbentuk sayap perlu latihan brp bln (tanpa memakai suplemen)

      Hapus
    2. prinsip dalam membentuk otot itu menggunakan beban 1 tingkat diatas kemampuan. bagaimana kita tahu beban itu sudah cukup berat ? kalau kita masih bisa melakukan repetisi sebanyak 12x maka beban itu masih terlalu rendah. beban dikatakan berat apabila kita hanya bisa melakukan repetisi sebanyak 6x.

      nah gunakan pada set 1 beban yang mampu 12x, set 2 repetisi 10.. dan ditambah lagi hingga hanya mampu sebanyak 6 repetisi.

      pembentukan otot itu perlu beban yang berat, karna justru ketika kita merasa sakit saat mengangkat beban berat, pada saat itulah otot tumbuh (Arnold Schwazenegger).

      jadi waktu pembentukan otot itu tergantung dari seberapa rutin, intensitas, dan beban latihan yang diberikan.

      kalau saya boleh menyarankan, ada baiknya anda mengkonsumsi suplemen karena suplemen sendiri adalah makanan otot yang membantu anda mengembangkan otot+mempercepat recovery

      Hapus