Halaman

Senin, 13 Agustus 2012

KUASAI PARKOUR DAN FREE RUN !

 PARKOUR DAN FREE RUN ITU BEDA !
Anda pasti sudah pernah menyaksikan film Yamakasi atau District 13, di mana aktor utamanya beraksi dengan gerakan parkour dan freerun.
Parkour sudah dirintis sejak tahun 1920-an oleh seorang marinir Perancis bernama Georges Hébert, meskipun gerakan yang mirip juga dapat ditemukan pada seni beladiri ninjutsu dan qing gong.
Sedangkan Freerun atau Free running dirintis oleh Sébastien Foucan yang juga warganegara Perancis. Meskipun sama-sama seni gerak tubuh yang menggunakan kemampuan tubuh, namun secara khusus Parkour berbeda dengan Freerun. Parkour lebih mengutamakan bagaimana berpindah dari satu tempat ke tempat lain melewati berbagai halangan dan rintangan seefisien dan secepat mungkin.
Sementara Freerun lebih fokus pada kreativitas gerakan seperti misalnya salto atau berputar dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Jadi kalau Parkour prinsipnya kecepatan, maka Freerun prinsipnya freestyle.
Tip Berlatih Parkour dan Freerun
Berikut ini tip yang bisa Anda jalankan sebelum memulai latihan parkour dan freerun:
  1. Latihlah tubuh dengan gerakan dasar kalistenik seperti push-up, pull-up, dan squat untuk meningkatkan kekuatan dan otot tubuh, dua hal yang sangat dibutuhkan dalam Parkour atau Freerun. Beberapa atlet menyarankan, kuasai dulu 25 repetisi push-up, 5 pull-up, dan 50 full squat sebelum memulai Parkour atau Freerun.
  2. Parkour atau Freerun banyak melibatkan gerakan atau lompatan vertikal yang berakhir dengan pendaratan yang frontal. Jadi pastikan kuasai dulu teknik mendarat dan berguling untuk meredam hentakan dan mencegah cedera.
  3. Pelajarilah berbagai manuver melompat baik bertumpu dengan satu tangan, kedua tangan, tanpa menumpu, atau menerobos rintangan. Pelajari juga berbagai teknik memanjat.
  4. Berlatihlah secara rutin minimal 2-3 kali seminggu, jika tidak, maka keahlian dapat menurun. Jangan lupa untuk tetap terus berlatih manuver-manuver dasar secara rutin sebelum mempelajari manuver baru.
  5. Eksplor kemampuan diri Anda dalam menguasai sebuah manuver. Parkour atau Freerun memberi kebebasan untuk bereksperimen menemukan cara atau gerakan baru dalam melakukan sebuah manuver.
  • Pilihlah sebuah rintangan yang mudah dan aman terlebih dahulu. Awali gerakan secara perlahan-lahan dan bertahap. Bergeraklah dari satu titik tempat ke titik lain berulang-ulang sampai benar-benar menguasainya.
  • Kembangkanlah gaya Parkour atau Freerun Anda sendiri yang sesuai dengan kemampuan tubuh Anda. Tidak pernah ada kewajiban untuk mengikuti sebuah gerakan sama persis dalam sebuah video Parkour atau Freerun.
  • Tetap utamakan keselamatan Anda. Ketahuilah batas kemampuan Anda. Hindari latihan diatas atap gedung jika Anda masih pemula.
  • Filosofi Parkour adalah memulai dengan hati-hati dan tetap rendah hati. Artinya, gerakan atau manuver adalah kunci utama untuk membangun dasar jangka panjang sehingga menjadikan jiwa dan tubuh kuat dan sehat. Selamat mencoba! (aan)

    INGAT ! SETIAP LATIHAN PASTI ADA MANFAATNYA !!!

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar