Halaman

Senin, 13 Agustus 2012

LATIHAN KARDIO YANG LEBIH EFISIEN !

SUDAH OPTIMALKAH LATIHANMU ?

Ada beberapa langkah berlatih kardio yang dapat membantu Anda mendapatkan perkembangan otot lebih optimal.
Banyak dari Anda yang mungkin tidak puas dengan hasil latihan beban yang sudah Anda lakukan, karena otot yang Anda idamkan belum juga Anda dapatkan. Selain berlatih beban, latihan kardio juga berperan membakar lemak tubuh yang menutupi otot Anda, sehingga otot Anda dapat terlihat lebih nyata. Ada 5 langkah latihan kardio yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan massa otot lebih optimal, di antaranya adalah:
Ubah Siklus Latihan
Bila Anda ingin meningkatkan massa otot, batasi latihan aerobik 1-2 kali seminggu selama 15-20 menit/hari. Latihan ini akan membatasi pengeluaran energi dalam tubuh dan memungkinkan tubuh Anda lebih berkonsentrasi dalam pembentukan otot. Jika ingin otot tanpa lemak, Anda bisa melakukan latihan kardio 2-4 kali seminggu.
Pisahkan Kardio Dari Latihan Beban
Pisahkan latihan kardio dan latihan beban Anda. Dengan cara ini, latihan kardio tidak akan mengurangi energi Anda untuk berlatih beban dengan intensitas tinggi. Berikan jarak setidaknya 2 hari antara latihan beban dan latihan kardio yang Anda lakukan agar otot Anda memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pemulihan. Jika Anda harus melakukan latihan kardio dan latihan beban di hari yang sama, pilihlah latihan aerobik yang dapat memberikan tekanan pada otot yang tidak terlatih saat Anda berlatih beban. Jadi, jika Anda memilih latihan kardio yang bersifat mengayuh untuk melatih tubuh bagian atas Anda sebanyak Anda melatih otot kaki Anda, maka Anda bisa melakukan latihan ini, saat latihan beban yang Anda lakukan tidak terfokus pada tubuh bagian atas.
Kurangi Risiko Cedera
Saat Anda melakukan latihan kardio seperti berlari, persendian Anda mendapatkan tumpuan beban yang berat akibat bertemunya kaki Anda dengan permukaan tanah. Hal ini memungkinkan terjadinya trauma pada otot dan persendian Anda, seperti halnya jika Anda berlatih lompat tali. Untuk mengurangi risiko cedera, Anda bisa mengganti latihan kardio Anda dengan latihan lain yang lebih aman untuk persendian Anda seperti, berenang, bersepeda atau menggunakan elliptical machine.

Tambahkan Interval Training
Saat berlatih kardio, tubuh memerlukan waktu sekitar 20 menit sebelum mulai membakar lemak. Latihan kardio yang baik adalah meningkatkan detak jantung Anda hingga 65% dari detak jantung maksimal Anda. Anda juga bisa mencoba latihan kardio yang lain seperti HIIT (High-Intensity Interval Training), untuk pembakaran lemak lebih cepat dan pembentukan otot lebih optimal.
Tingkatkan Resistensi Latihan
Salah satu cara meningkatkan resistensi latihan kardio Anda adalah dengan mengubah roda gigi pada sepeda atau mengubah gradien pada treadmill. Ini adalah cara paling efektif untuk meningkatkan intensitas latihan Anda. Berhati-hatilah untuk menemukan tingkat resistensi yang tepat agar tidak mengurangi jumlah latihan Anda saat kembali berlatih beban.
Jika Anda ingin memulai latihan untuk meningkatkan massa otot Anda, hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memahami terlebih dahulu jenis latihan dan metode latihan yang akan Anda lakukan. Hal ini penting bagi Anda agar tujuan latihan Anda dapat tercapai dengan mudah.

INGAT ! SESUAIKAN LATIHAN DENGAN CITA-CITA !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar