Halaman

Jumat, 10 Agustus 2012

TANDA BAHWA ANDA TELAH OVERTRAINING ! HATI-HATI !


 WASPADA ! WASPADA ! WASPADA !!!
Waspadai 5 tanda overtraining
Apakah Anda tidak memiliki rencana latihan? Atau jadwal latihan Anda berantakan? Kondisi ini kadang membuat seseorang melakukan latihan tanpa memikirkan dampak buruk yang mungkin terjadi. Termasuk terjadinya overtraining. Misalnya, Anda melakukan latihan hingga melampaui batas titik lelah dan kemampuan fisik Anda. Hal ini merupakan penyebab overtraining dan risiko cedera lainnya.
Penyebab, gejala, beserta cara mencegah overtraining sudah pernah dibahas di artikel sebelumnya. Namun, kali ini Anda akan mendapatkan informasi tambahan yang perlu Anda ketahui tentang kemungkinan Anda mengalami overtraining, antara lain:
  1. Zona Bahaya: Merasa bersalah jika tidak berlatih minimal 2 jam dalam sehari.
    Koreksi: Batasi waktu latihan dan biasakan hanya latihan selama 45-60 menit sehari. Jika lebih dari 60 menit, Anda justru berisiko cedera serta mengalami penyusutan otot. Selain itu, hormon testosteron sebagai pembangun otot akan mengalami penurunan yang menyebabkan tujuan latihan Anda tidak tercapai.
  2. Zona Bahaya: Diet ekstrim dengan terobesesi pada makanan bebas lemak atau bahkan tidak makan selama sehari penuh.
    Koreksi: Cobalah kenali, pelajari, dan terapkan diet seimbang yang lebih sehat, karena diet yang tepat bukan berarti membuat Anda tersiksa.
  3. Zona Bahaya: Mengorbankan waktu bersosialisasi demi latihan.
    Koreksi: Jika dibiarkan berlarut-larut, Anda akan menjadi orang yang anti-sosial. Cobalah untuk lebih santai dan tidak tergesa-gesa.
  4. Zona Bahaya: Mendorong diri melampaui kemampuan hingga mengesampingkan rasa sakit dan cedera.
    Koreksi: Jujurlah pada diri Anda sendiri. Sayangi diri Anda! Ketika merasa ada yang tidak beres dengan tubuh Anda, segera hentikan latihan untuk memulihkan tubuh. Istirahat yang cukup adalah hal penting untuk keberhasilan latihan Anda.
  5. Zona Bahaya: Muncul keluhan nyeri dan sakit pada tubuh yang disertai penurunan performa latihan akibat otot tidak mampu lagi bekerja karena telah mencapai titik lelahnya.
    Koreksi: Selalu berikan diri Anda libur latihan sekitar 2 hari dalam seminggu untuk pemulihan. Latihan yang berlebihan akan membuat tubuh Anda melemah, bukan menjadikannya semakin kuat.
Kenali dan waspadailah 5 tanda overtraining ini agar Anda tetap dapat berlatih aman tanpa harus mengesampingkan kesehatan. Kombinasikan latihan Anda dengan diet sehat dan suplemen yang tepat untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Selamat berlatih!

INGAT ! OLAHRAGA BUKAN UNTUK MENYIKSA !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar