Halaman

Kamis, 19 Juli 2012

BEDA BENTUKNYA, BEDA PULA LATIHANNYA

BEDA BENTUKNYA, BEDA PULA LATIHANNYA
  Anda bisa mengetahuinya dengan mengintip buku yang ditulis William Herbert Sheldon yang berjudul "Atlas of Men". Dalam buku itu, Sheldon mengklasifikasikan tubuh manusia dalam tiga tipe yaitu endomorph, mesomorph dan ectomorph. Untuk mengetahuinya berikut penjelasan dari tiap-tiap tipe tubuh. 

1. Endomorph (endo): Bentuk tubuh bulat dan cenderung memiliki kaki yang besar.
Bahu sempit dan memiliki dada besar. Pada bentuk bentuk tubuh endomorp ini lemak menumpuk di bagian pinggul dan perut. Pilihlah jenis olahraga yang memfokuskan pada pembentukan perut dan kekuatan pinggul. Seperti kick boxing dan sit up.

2. Mesomorph (meso) : Bentuk tubuh berotot dan kekar. Dada lebih lebar daripada pinggang. Bentuk bahu pun juga cukup lebar. Bagi yang memiliki bentuk tubuh mesomorph disarankan untuk melakukan latihan pengencangan otot untuk mengikis lemak. Hal itu agar bentuk otot tetap proporsional.

3. Ectomorph (ecto) : Memiliki tangan dan kaki yang panjang dengan pundak lebar. Lemak cenderung menumpuk di bagian paha. Menurut Sheldon, tipe tubuh ectomorph cenderung sulit membentuk otot tanpa latihan yang keras dan intensif.

Tiga tipe tubuh tersebut merupakan tipe dasar. Tipe tubuh Anda bisa saja perpaduan di antaranya misalnya endo-meso atau meso-ecto. Tetapi tidak mungkin perpaduan ecto-endo.
Bukan hanya Sheldon yang memiliki teori ini, dalam pengobatan India, Ayurveda juga mengenal pengklasifikasian ini tetapi dengan nama berbeda. Yaitu, Kapha untuk endomorph, Pitta untuk mesomorph dan Vata untuk ectomorph.

INGAT ! LATIHAN YANG HARUS SESUAI DENGAN KITA, BUKAN KITA YANG MENYESUAIKAN DIRI DENGAN LATHAN !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar