Halaman

Rabu, 18 Juli 2012

KRAM OTOT ? CEGAH SEBELUM TERLAMBAT !!!

KRAM OTOT ? CEGAH SEBELUM TERLAMBAT !!!

 Banyak kesalahan kecil  yang dilakukan oleh orang-orang sebelum, dan saat berolahraga yang dapat menyebabkan kejadian fatal yang sangat menyakitkan yaitu kram otot.     

 Tapi tenang, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya kram otot tersebut. berikut tipsnya :



1. LAKUKAN PEMANASAN DAN PERENGGANGAN
 Banyak orang yang menyepelekan hal ini dan tidak melakukan pemanasan dan perenggangan sebelum latihan. Padahal kedua kegiatan ini sangat diperlukan oleh tubuh utamanya otot sebelum berkontraksi/berolahraga agar tidak terjadi kram. Pemanasan adalah sekumpulan gerakan yang dilakukan sebelum olahraga dengan harapan suhu badan bisa meningkat dan dengan meningkatnya suhu tubuh maka otot tubuh akan menjadi lemas dan siap berkontraksi.
 Perenggangan adalah gerakan-gerakan tertentu yang dilakukan dengan cara seperti menarik otot dengan harapan otot bisa lemas dan siap berkontraksi. Pemanasan dan perenggangan baiknya dilakukan selama 7-10 menit sebelum latihan agar tidak terjadi efek kram.
 2. HINDARI DEHIDRASI
 Dehidrasi akan membuat tubuh menjadi tak nyaman saat berolahraga dan berujung pada kram otot. Maka baiknya minum 2-3 gelas air putih sebelum latihan untuk mencegah kram.
3. JANGAN SAMPAI OVERHEATING
 Overheating adalah tingginya suhu tubuh ditengah latihan karena frekuensi latihan yang juga tinggi. Overheating juga bisa membuat kram pada otot, karena itu cegah kram dengan minum air di sela-sela latihan. Namun ingat, minum air disela-sela latihan hanya bertujuan untuk membasahi tenggorokan dan menurunkan suhu tubuh. Jadi jangan sampai minum air terlalu banyak ditengah latihan karna bisa membuat kekenyangan sehingga latihan menjadi tidak optimal.
4. PENUHI ASUPAN POTASIUM
  Potasium/kalium merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam mengatur fungsi jantung, tekanan darah, saraf, dan aktivitas otot. Asupan potasium bisa kita dapatkan dari kentang, yogurt, dan pisang.
5. PENUHI KEBUTUHAN KALSIUM
  Kalsium juga mempengaruhi cara kerja otot dalam tubuh, karena itu sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium agar tidak terjadi kram otot.

INGAT ! OPTIMAL LATIHAN = OPTIMAL HASIL !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar