Halaman

Kamis, 19 Juli 2012

KENAPA HARUS TAKUT DENGAN PLATEAU ?

KENAPA HARUS TAKUT DENGAN PLATEAU ?
Anda pasti menginginkan hasil yang maksimal dari latihan rutin yang Anda jalankan. Namun sadarkah Anda bahwa tubuh dapat beradaptasi dengan latihan yang itu-itu saja sehingga peningkatan hasil latihan tidak Anda dapatkan? Itulah yang disebut dengan plateau!
Plateau adalah cara tubuh mengatakan bahwa ia ingin mencoba tantangan dan perubahan baru agar bisa berkembang. Lalu apa yang harus Anda lakukan saat mengalami plateau ini?
  • Berikan Variasi Latihan
    Tubuh Anda cukup pintar untuk mengetahui dan beradaptasi dengan latihan yang sama setiap hari, sehingga pada titik tertentu tubuh tidak mengalami perkembangan dan jalan di tempat. Jika Anda mengalami ini, yang Anda butuhkan adalah variasi latihan yang baru. Temukan gerakan yang lebih bervariasi untuk melatih bagian tubuh Anda. Tambahkan pula beberapa set dan repetisi untuk meningkatkan intensitas latihan. Perubahan rutinitas latihan akan mengejutkan tubuh Anda, memaksanya untuk beradaptasi, dan membawa Anda ketingkat kebugaran yang baru.
  • Jalankan Diet Sehat
    Sulit rasanya mendapatkan hasil latihan maksimal jika Anda berlatih keras selama berbulan-bulan namun pola makan Anda masih sembarangan. Evaluasi jumlah makanan dan kandungan nutrisi yang Anda makan. Tingkatkan asupan protein untuk membantu perkembangan otot. Hindari makanan berlemak dan berkalori tinggi. Timbunan lemak yang yang diakibatkan dari makanan ini dapat menutupi bagian otot yang Anda latih.
  • Optimalkan Waktu Istirahat
    Jangan bebani diri Anda dengan melakukan latihan tiap hari. Ingat, bahwa tubuh membutuhkan masa pemulihan dari latihan yang Anda lakukan. Latihan berlebihan dapat menyebabkan tubuh mengalami overtraining dan katabolisme otot (penyusutan otot). Sisakan waktu 1-2 hari untuk off dari latihan dan gunakan waktu ini sebaik mungkin untuk melepas stres dan memulihkan diri, agar tubuh lebih fresh dan otot dapat berkembang lebih maksimal.
Tiga poin di atas merupakan faktor penting untuk mendobrak latihan plateau demi mendapatkan hasil latihan maksimal. Bonusnya, Anda akan memiliki tubuh yang lebih bugar dan kuat dari sebelumnya.

INGAT ! BANYAK VARIASI BOSAN PUN TERHINDARI !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar