Halaman

Senin, 23 Juli 2012

CEGAH OBESITAS DAN PENYAKIT CARDIOVASCULAR PADA ANAK !

Pencegahan Penyakit Cardiovascular Sejak Dini Untuk Melindungi Anak Kita

Pada halaman depan edisi Desember jurnal Pediatric memberikan rekomendasi baru untuk menguji tingkat kolesterol semua anak berusia 9-11 tahun. Menurut artikel ini, serangan jantung, stroke dan masalah kardiovaskular lainnya pada orang dewasa sering terjadi akibat hasil akhir dari faktor resiko kardiovaskular yang kita jalani sejak kecil.

Hal ini juga diaminkan oleh banyak dokter anak, yang mengakui fakta bahwa penyakit jantung seperti penyakit lainnya, benar-benar dimulai pada masa kanak-kanak. Sepertinya kebanyakan orang lebih suka memikirkan cara pengobatannya, tapi sebagai seorang ibu, saya jauh lebih suka memikirkan pencegahannya. Apa yang harus kita lakukan selama dekade pertama kehidupan anak-anak kita untuk membuat masa depan kesehatan mereka menjadi lebih baik? Ini semua tentang diet dan gaya hidup.
Selama dua puluh tahun terakhir, kesehatan anak telah berlangsung kearah yang salah.  Kasus anak kelebihan berat badan dan obesitas telah meroket selama dua dekade terakhir. Dan trend tersebut secara langsung terkait dengan peningkatan insiden berbagai gangguan jantung pada anak-anak maupun dewasa, tekanan darah tinggi, kekacauan metabolisme, dan tingginya tingkat kolesterol. Ini adalah masalah yang sangat serius, mengingat bahwa anda sebagai orangtua berperan besar dalam kesehatan mereka. Jadi, faktor utama apa saja yang menyebabkan munculnya gejala tersebut dewasa ini?


  • Kita ketergantungan pada makanan enak yang penuh dengan zat aditif dan gula, sementara disisi lainnya kita kekurangan nutrisi penting lain. Gaya hidup yang serba cepat dan praktis mau tidak mau telah memaksa kita membeli makanan cepat saji dan budaya memberi makanan kemasan kepada keluarga sudah menjadi lebih sering dibanding generasi sebelumnya.

  • Banyak makanan anak yang juga disuplai dilingkungan sekolah, dan kebanyakan adalah makanan gorengan dan fast food lainnya, sangat jarang yang menawarkan buah-buahan dan sayuran sehat ! Makanan sekolah umumnya terdiri dari makanan ringan dan minuman soda yang memiliki penjualan dengan laba tinggi tapi mengorbankan kesehatan anak-anak. Oleh karena itu jajan mereka selama disekolah tidak layak disebut makanan, melainkan sampah. Alangkah lebih baik kalau kita meluangkan sedikit waktu untuk membuatkan mereka bekal dari rumah yg lebih sehat.

  • Anak kita hidup didunia yang berbeda, mereka berada pada gaya hidup yang penuh teknologi. Rata-rata wakau anak terbuang selama tujuh jam setiap harinya untuk aktifitas yang kurang penting. Baik itu didepan mesin game, komik, internet dan lainnya. sementara disaat bersamaan mereka sedang kehilangan aktivitas fisik yang sangat diperlukan untuk kesehatan dan pertumbuhannya. Minimnya lahan juga membuat sekolah-sekolah sangat kekurangan lapangan, dan tentu saja sebagai konsekuensinya pendidikan jasmani dihilangkan dari dalam kurikulum pelajaran. Menyedihkan!

Kita harus membuat beberapa perubahan mendasar dalam cara kita memberi makan anak-anak kita. Jangan percaya mitos bahwa anak-anak tidak perlu khawatir tentang apa yang mereka makan sampai mereka tumbuh dewasa. Riset selama bertahun-tahun telah membuktikan bahwa akar penyakit jantung dimulai pada masa kanak-kanak. Ingat, kebiasaan yang mereka kembangkan di masa kecil akan bertahan sampai dewasa, jadi mulailah dengan kebiasaan baik mulai dari sekarang. Inilah yang bisa kita lakukan:

  • Memberikan konsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak pada anak-anak. Survey juga membuktikan bahwa selama ini justru anak-anak sangat kekurangan sayur dan buah sejak mereka balita.Bahkan ada beberapa orangtua yang menuruti saja kemauan anak jika mereka menolak makan sayur,di sini dibutuhkan sedikit kreatifitas untuk menyesuaikan menu yang ada seusai dengan selera makan mereka, tapi itulah gunanya kita menjadi orangtua yang harus terus belajar demi orang-orang yang kita kasihi.

  • Menyediakan makanan bagi anak-anak hasil masakan kita sendiri, sehingga dapat dipastikan nutrisi yang mereka terima sangat layak. Studi juga telah menunjukkan bahwa anak-anak yang lebih banyak makan makanan dari rumah, memiliki tingkat obesitas dan masalah kesehatan yg lebih rendah .

  • Wajibkan anak-anak kita berolahraga lebih banyak. Waktu yang direkomendasikan untuk berolahraga adalah sekitar 60 menit. Mungkin kedengarannya menakutkan, tetapi hanya dengan membuat mereka keluar untuk bermain bebas akan membuat mereka berolahraga secara alami. Ingatlah untuk membuat olahraga itu menyenangkan bagi mereka. Kita bisa bermain bola bersama, berjalan santai sekeluarga, berenang setiap akhir pekan atau bahkan ikut p90x sekeluarga.

Kita sering mengatakan bahwa kita ingin anak kita memiliki kehidupan yang lebih baik daripada yang kita miliki, kita juga mengatakan mencintai mereka melebihi apapun juga, jadi mari kita beri mereka warisan yang lebih baik dengan kesehatan yang baik dan umur panjang!
INGAT ! KEBIASAAN BAIK BERGUNA UNTUK HIDUP YANG ISTIMEWA !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar