Halaman

Selasa, 24 Juli 2012

STRETCHING DI DEPAN MEJA KERJA


 DI KANTOR, OTOT JUGA HARUS LEMAS !
Stretching Di Meja Kerja
Stretching atau peregangan sangat penting untuk membantu Anda tetap fokus, meningkatkan energi, dan meredakan stres. Melakukan peregangan secara rutin di tempat kerja Anda bisa membantu mengurangi tekanan dan stres dalam hari-hari Anda. Namun, bagaimana jika kesibukan Anda di kantor membuat Anda sulit meluangkan waktu untuk melakukan latihan peregangan, bahkan mengharuskan Anda untuk duduk untuk jangka waktu yang lama di depan komputer? Pertimbangkanlah untuk melakukan stretching di tempat kerja Anda!
Bekerja Sambil Tetap Bergerak
Setiap beberapa jam, bangunlah dari meja Anda dan berjalanlah di sekitar kantor Anda selama satu atau dua menit. Berjalan ke ruang kerja rekan Anda untuk memberitahunya bahwa Anda telah mengirim email. Pilihlah naik tangga bukan lift, atau gunakan mesin fotokopi di lantai lain. Saat jam istirahat, berjalan atau naik turun tangga beberapa saat pasti akan memompa darah dan energi Anda mengalir lebih lancar.
Stretching Dari Balik Meja Atau Kursi Anda
Peregangan adalah cara yang bagus untuk mempertahankan aliran energi dan semangat yang tinggi serta mengurangi ketegangan. Beberapa kali per hari, bangkitlah dari kursi atau bergeraklah dari meja Anda dan lakukan rangkaian peregangan seperti berikut ini:
  • Stretching Punggung Bawah: Duduklah di tepi kursi dengan kaki lurus ke depan, tumit di lantai dan lutut lurus. Tarik badan Anda ke depan, Anda harus merasakan tarikan lembut di belakang kaki Anda. Tahan selama 15 detik dan ulangi.
  • Stretching Otot Inti: Berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu dan tangan di pinggul Anda, putarlah pinggang Anda dengan lembut dari kiri ke kanan. Lakukan masing-masing 10 putaran.
  • Stretching Perut: Berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu dan angkat tangan di atas kepala. Tarik badan Anda ke belakang dengan lembut sampai Anda merasakan regangan sedikit di daerah perut. Tahan selama 15 detik dan ulangi.
  • Stretching Dada: Berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu, letakkan tangan di belakang dengan jari-jari kedua tangan disatukan. Tarik perlahan tulang belakang Anda sambil meregangkan otot-otot dada Anda. Tahan selama 15 detik dan ulangi.
  • Stretching Lengan: Luruskan lengan Anda ke depan sambil memegang jari-jari Anda, tarik perlahan ke belakang dengan arah telapak tangan membelakangi tubuh Anda. Tahan selama 15 detik dan ulangi. Lakukan untuk kedua lengan.
  • Stretching Leher: Anda bisa lakukan dengan duduk atau berdiri dengan punggung lurus, memungkinkan kepala jatuh ke satu sisi dengan lembut, sehingga berat kepala membantu meregangkan leher. Tahan selama 15 detik dan ulangi. Lakukan untuk kedua sisi leher.
Lakukan semua peregangan di atas dengan lembut dan lakukan peregangan hingga ke titik di mana Anda merasa sedikit tidak nyaman dan lakukan selama waktu yang disarankan.
Lakukan latihan peregangan sederhana ini setiap hari secara rutin sehingga akan memberikan manfaat kesehatan dan kebugaran yang baik bagi Anda. Sempatkan juga melakukan latihan-latihan ini secara rutin di meja kerja Anda sambil tetap bekerja. Selamat berlatih!

INGAT ! STRETCHING JUGA BISA MEMBUAT PIKIRAN LEBIH TENANG !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar