Halaman

Selasa, 24 Juli 2012

FITNESS DENGAN BAND/SPRING


 LATIHAN DENGAN SPRING (TALI BAJA)
Exercise Band Workouts
Exercise band beberapa waktu belakangan ini popular untuk latihan ketahanan karena biayanya yang rendah dan resistensinya yang efektif. Berlatih dengan band juga bisa membuat Anda cepat membakar lemak dan membentuk otot, serta lebih aman karena menggunakan band yang elastis. Berikut ini adalah beberapa panduan exercise band yang efektif:

Chest Press: Berdiri dengan kaki terbuka sedikitnya selebar lengan. Jaga postur tubuh tetap tegak dan tahan otot perut tetap kencang. Pegang erat ujung band, dan letakan di belakang punggung, di bawah lengan, setinggi dada. Tekuk sedikit lutut Anda, dan naikkan siku setinggi dada. Pegang kuat ujung band di pergelangan tangan, dan luruskan lengan di depan tubuh Anda. Jangan melipat atau menekuk siku. Kembali ke posisi awal dan ulangi seluruh proses setidaknya 8 kali.

Squat: Berdiri dengan kaki terbuka kira-kira sepanjang lengan. Taruh exercise band di antara kedua kaki, sambil memegang erat ujung-ujung band di masing-masing tangan. Jaga postur tubuh tetap tegak dan tahan otot perut tetap kencang. Tekuk lutut sampai paha sejajar dan tepat di atas lantai. Saat melakukan latihan ini, jaga tumit tetap datar di tanah, berat badan pada pergelangan kaki dan perut dikencangkan dengan pinggang belakang yang melengkung wajar. Anda harus mampu melihat jari-jari kaki Anda seperti satu lengkungan lutut. Kembali ke posisi awal dan ulangi seluruh proses 5 kali.

Upper Back: Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu, dengan postur tegak, dan otot perut yang dikencangkan. Rentangkan dan pegang band sedikit lebih lebar dari bahu. Dengan telapak tangan menghadap lantai, tekuk siku dan angkat lengan Anda hingga sejajar dengan dada. Lebarkan dada dan tarik bahu kebelakang bersama-sama. Jaga bagian tubuh bawah untuk tidak bergerak dan tetap tegak saat melebarkan dada Anda. Kembali ke posisi awal dan ulangi seluruh proses 5 kali.

Back Extensions: Berbaring di atas matras, wajah menghadap kebawah dengan lengan lurus di sisi Anda, telapak tangan menghadap ke atas dan kaki memanjang lurus. Angkat kepala sedikit keatas dan tahan di sana. Lemaskan bahu dan tekan ke lantai, jaga otot perut Anda tetap kencang. Kontraksikan perut Anda dan dengan menggunakan otot punggung bawah Anda, perlahan-lahan angkat bahu dan dada dari lantai. Kembali ke posisi awal dan ulangi seluruh proses 5 kali.

Leg Abduction: Latihan ini memerlukan kursi dalam melakukannya. Berdiri di belakang selangkah, dengan kedua kaki di dalam loop band exercise, dan tempatkan di sekitar pergelangan kaki. Satu tangan memegang kursi untuk menjaga keseimbangan. Berdiri tegak, kencangkan otot-otot Anda, dan pindahkan seluruh berat badan ke kaki yang paling dekat dengan kursi. Pegang kursi, dan lutut tetap menekuk sepanjang latihan. Angkat kaki luar sejauh mungkin, dan jaga pinggul dan bahu tetap diam dan tegak. Turunkan kaki perlahan dan ulangi gerakan sedikitnya 4 kali.

Lateral Raise: Berdiri dengan kaki terbuka selebar lengan, dan letakan salah satu ujung band dibawah kaki kanan Anda. Pegang erat ujung band di tangan kanan, dan tekuk sedikit siku Anda. Letakkan lengan kanan lurus ke bawah, dengan ibu jari menunjuk ke depan. Pastikan tubuh tetap tegak dengan perut dikencangkan. Angkat lengan secara menyamping hingga setinggi bahu, pegang erat salah satu ujung band di pergelangan tangan, dengan jempol mengarah ke atas dan telapak tangan menghadap ke depan. Turunkan dan ulangi sebanyak 6 kali.

Latihan band sangat mudah dan efektif untuk mengembangkan kekuatan otot dan daya tahan. Latihan resistance band ini tidak lebih dari satu jam, dan karena peralatannya sangat kecil dan ringan, Anda dapat membawanya kemana-mana. Selamat berlatih!

INGAT ! PERHATIKAN INTENSITAS LATIHAN DAN WAKTU PEMULIHAN !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar